Jumat, 15 Juli 2016

Manfaat Memakai Jam Tangan


Artikel ini diilhami saat mengikuti meeting dengan semua staf dari semua jurusan difakultas tempat saya bekerja. Saya mungkin bisa disebut pengamat yang baik karena saya memperhatikan hampir semua hal-baik kecil maupun besar-yang terjadi disekeliling saya. Teman-teman saya menyebutkan saya good observer, cocok jadi detektif, nyaingin Detektif Conan dan Sherlock Holmes. Hahaha

Lantas apa yang saya perhatikan saat meeting yang dihadiri kurang lebih 30 staf dan dosen itu? JAM TANGAN. Dari semua orang yang hadir hanya 3 orang saja yang tidak memakai jam tangan termasuk salah satunya adalah bu dekan yang terhormat. Saya rasa, hal ini setidaknya mendukung hipotesis saya sendiri (tidak valid) bahwa hampir semua orang didunia ini menggunakan jam tangan. Saya juga memperhatikan model dan desain jam tangan yang mereka pakai. Ada yang memakai jam analog berdesain simpel dengan tali kulit, ada juga yang memakai jam digital dengan tali karet, ada juga yang memakai jam tangan jenis chronograph yang terkesan mewah dengan tali rantai berwarna coklat.

Dan kenapa yang saya perhatikan adalah jam tangan? Karena jam tangan adalah aksesoris wajib saya. Saya suka mengoleksi jam tangan walau cuma ada 5 saja jam tangannya ^^. Satu yang menjadi favorit saya yang sudah saya pakai sekitar 8 tahun dan saya beli hanya dengan harga Rp.30.000,- saja. Sudah tidak terhitung berapa kali saya gonta ganti baterai jam tangan saya ini. My lovely, saya memanggilnya begitu. Walaupun murahan tapi jam tangan saya ini kuat bertahan dengan saya.. hihihi.

Diam-diam saya suka memperhatikan model-model jam tangan yang dipakai orang lain. Menurut saya pribadi, jam tangan ini banyak sekali manfaat nya disamping hanya sebagai pelengkap mode saja. Berikut saya ingin membahas apa sebenarnya manfaat jam tangan yang sering kita pakai ini.

1. Sebagai penunjuk waktu yang efisien

Ini adalah fungsi yang paling mendasar dari jam tangan. Setiap orang yang memiliki mobilitas yang tinggi menggunakan jam tangan sebagai penunjuk waktu yang efisien. Memang di zaman modern ini orang juga bisa melihat waktu dari handphone lengkap dengan tanggal, bulan dan tahun. Namun, dengan menggunakan jam tangan akan lebih memudahkan kita mengetahui waktu dengan mudah dan aman, misalnya saat sedang mengendarai sepeda motor, saat mengikuti ujian, atau saat berada diruang rapat. Apalagi, banyak jam tangan sekarang ini yang dilengkapi dengan fitur seperti tampilan tanggal dan bulan hingga fitur heart rate yang diminati para atlet.

2. Sebagai time keeper

Jam tangan adalah penjaga waktu atau istilah kerennya time keeper yang baik. Dengan menggunakan jam tangan kita bisa mengatur waktu untuk melakukan aktifitas agar kita menjadi lebih disiplin. Manajemen waktu sangat diperlukan untuk menunjang kesuksesan seseorang. So, jam tangan merupakan partner kita yang membantu mengatur waktu yang telah kita bajetkan untuk setiap aktifitas yang kita lakukan. Beberapa orang bahkan menjadikan jam tangan sebagai equipment wajib untuk profesinya. Contoh sederhananya adalah wasit yang wajib memakai jam tangan sebagai time keeper disetiap pertandingan.

3. Sebagai aksesoris

Jam tangan tidak hanya dimanfaatkan sebagai penunjuk waktu saja, tapi juga digunakan sebagai pendukung penampilan alias aksesoris. Jam tangan sudah menjadi tren fashion yang diminati semua kalangan. Bahkan anak kecil juga sudah dipakaikan jam tangan sebagai fashion. Sebagian juga ada yang menggunakan jam tangan yang tidak berfungsi hanya semata demi terlihat keren (pengalaman pribadi ^^). Jam tangan sekarang ini didesain beragam bentuk dan jenis dari berbagai material pula. Jadi, setiap orang dapat memilih desain jam tangan sesuai dengan yang mereka suka dan biasanya disesuaikan dengan outfit yang dipakai.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Jam tangan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Sebagian orang yang terbiasa memakai jam tangan akan kebingungan jika satu hari dia lupa memakainya. Hal ini akan membuat orang tersebut kurang percaya diri. Kita juga bisa menghilangkan rasa gugup saat melakukan presentasi dengan sesekali melihat jam tangan. Jam tangan juga membuat penampilan kita terlihat rapi dan professional serta tampak lebih elegan.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari jam tangan yang sering kita gunakan. Kalau ada yang ingin menambahkan manfaat jam tangan menurut teman-teman pembaca, silakan post di komentar.

Feel free to share.. Thanks a bunch for reading and dropping by…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar