Senin, 27 Juni 2016

Unplanned Trip: Akhirnya Ku Menemukanmu, Samila Beach

Judulnya aja udah unplanned trip. Yah, memang ini jalan-jalan yang dadakan dengan bajet yang super minim tanpa baju ganti dan alat-alat perang lainnya. Ceritanya gini. Tengah hari 25/6/2016, saya dan adik saya yang comel, Didi, berangkat dari Phattalung ke Hat Yai. Niatnya mau anterin Didi mudik ke Malaysia. Udah gitu saya langsung balik lagi ke Phattalung sorenya. Sampai di Hatyai, ternyata tiket bus ke KL sold out. So, we decided to stay one night in Hat Yai dengan duit seadanya sambil nunggu jadwal bus besoknya.

Karna badget yang sangat tipis, ya udah pasti dong kami nyari guesthouse yang murah. Akhirnya kami dapat kamar dengan harga 400bath/malam (sekitar  Rp. 150.000,-) untuk 2 orang. Buat kalian yang pengen liburan ke Hat Yai, bisa stay ke Nam Huat Guesthouse, diseputaran Lee Gardens Plaza. Kamarnya ada AC dan kulkas dan free wifi.

Kami sampai dikamar sekitar jam 3 siang saat perut sudah kukuruyuk (emang ayam jago 😂) minta makan. Ssssttt, kami berdua sama-sama lagi cuti puasa, gak sahur, gak sarapan. So, wajar aja perut nanya, 'niat ngisi aku gak sih? Mau dibiarin kosong sampai kapan? Aku sama hidup kamu tuh sama aja sekarang, kosong. Gak ada yang ngisi'. (curhaaaaat..).

Sambil istirahat sebentar dikamar, kami diskusi mau sewa motor atau mau naik tuk-tuk aja kemana-mana. Setelah hitung sana sini berapa bajet untuk sewa motor dan berapa bajet yang akan habis kalau kami naik tuk-tuk, akhirnya hakim memutuskan untuk sewa motor sajah dengan harga 250bath/hari (sekitar Rp.95.000,-) dengan deposit 1000bath. Tempat sewa motor nya di Cathay Guesthouse (click to show maps), cuma beda satu blok dari tempat kami stay.  Dan ngandelin GPS aja pas mau jalan. Beli internet 100mb doang harga 9bath/24jam. Rekomendasi buat kawan-kawan, ntar sampai di Thailand beli aja simcard 12C (a.k.a One Two Call) harga 50bath (sekitar Rp.20.000,- harga sewaktu-waktu bisa berubah), udah ada pulsa 15bath.

Jalan-jalan kali ini otomatis ketempat-tempat yang gretongan. Cuma 1 tempat aja yang kudu bayar yaitu warung makan. Hahaha
Kami makan siang di Asean Market Hatyai (lebih dikenal dengan Night Market Hatyai). Banyak makanan halal disana. Ada nasi biryani, nasi goreng, nasi putih dan lauk ayam goreng, ayam bakar, tomyum, buah-buahan, manisan buah, sosis, crab stick dll. Saya order nasi biryani dan telur dadar (sesuai selera orang Indonesia) dan coconut milk shake yang diminum berdua. Didi gak order apapun, gak ada sesuai dengan lidah doi. Heran juga dengan si adik, ngakunya backpacker tapi soal makan lumayan cerewet. Ini gak mau, itu gak suka. Pusing juga ngelayan dia. ^_^"

Manisan dan rujak buah kakak-kakak muslimah

Suasana food court
Shopping bazaar Asean night market. Masih banyak gerai yang tutup. Biasanya mulai pada buka lapak pukul 6 sore.
Sambil makan di Night Market, kami diskusi lagi mau kemana selanjutnya. Dan kami memutuskan untuk main ke Samila Beach dan foto sama patung Golden Mermaid. Setelah cek google maps, ternyata jaraknya lumayan jauh sih, 35 KM 50 menitan. Nyerah? Oh, tentu tidak. Udah biasa kok motoran jarak jauh. Dan akhirnya perjalanan pun dimulai dengan senang hati karna perut udah kenyang.

Diperjalanan menuju Samila Beach (tapi Didi nyebut nya Smile Beach) kami ngelewatin Thaksin University Songkhla Campus. Lha saya kerjanya di Thaksin University Phattalung Campus (baca juga Panduan Mengurus Visa Kerja ke Thailand). So, ibarat ngelewatin rumah saudara kandung, tapi gak sempat mampir. 20 menit kemudian.. Wow.. Akhirnya ku menemukanmu, Samila Beach. Mungkin begitu ungkapan yang tepat. Bukan karena lokasinya yang susah dicari, tapi karna udah lama gak liat pantai dan ngerasain angin pantai dengan aroma asinnya yang khas. Dengar deru ombak, nginjak pasir yang lembut, oh surga benar deh pokoknya!

Laut biru bergradasi dengan hijau memang eye catching banget. Sayang kamera henfon gak cukup bagus untuk hasil jepretan laut dan pantainya. Yet, what the eyes saw was more than what camera could capture. Secanggih apapun kamera gak akan bisa nyamain apa yang mata saksikan. Puas jepret sana sini, kami pun bertanya-tanya. Dimanakah gerangan sang patung putri duyung itu? Dan tadaaaaa.. Ternyata patungnya ketutup joglo tempat berteduh ditepi pantai. Merasa penasaran ada kisah apa dibalik mermaid ini, saya pun browsing internet. Lain kali aja ya cerita tentang kisah nya.

Selpie ama Mbak Mermaid yang lagi nguncir rambut
Puas berpose bareng ikon nya Samila Beach ini, hujan pun turun tiba-tiba. Makin lama makin lebat. Apa yang bisa kami lakukan kalau bukan berteduh. Gak papa, hujan mah pembawa berkah ya kan.
Setelah hujan agak reda, kami pun melanjutkan petualangan. Dijalan pulang kami singgah di Tesco Lotus, beli donat yang lagi diskon (selalu ada kolerasi antara diskon dan wanita 😂). Buy one get one free. Sambil nongki-nongki cantik dan makan donat, tetiba pengen nonton bioskop. Sesekali gitu. Lagian juga selama tinggal dimari belum pernah ke bioskop. Niat pengen nonton Finding Dory, trus kami tanya ke petugasnya.

Enaknya serius banget lho!

Gagal menemukan Dory disini
'Excuse me, is the film with English sub?' tanya saya.

'No, Thai sub only', jawab si abang.

Oh pupus sudah harapan adik, bang! Nampaknya memang adik langganan film download-an aja. ^_^

Udah gitu, kami pun recharge energi dulu. Laper juga cyiiin. Habis maenan ama pantai. Berbekal cerita dari blog orang yang udah pernah main ke Hat Yai, kami pun memutuskan untuk makan malam di Kai Tod Decha & Seafood Restaurant. HALAL. Makan disini lumayan mahal (ya mahils buat unprepared budget traveler kayak kami ini). Gak nyangka makan berdua sampe 500 bath (Rp.200.000,-). Tapi gak nyesel juga karna rasanya emang enak banget. Kami order 1 porsi tomyum campur (nih baru seleranya Farah), 1 porsi kepiting goreng Thai Chili Black Pepper, 1 porsi telur dadar, 2 porsi nasi putih, air sirup bandung, dan es teh tarik. Karna kenyang banget, Didi gak habis makan Tomyum nya. Kami minta dibungkus untuk bekal sarapan besok. Kan kudu hemat, gak boleh mubazir, udah bayar mahal juga ^_^'..

Es teh tarik dan si pinky sirup bandung

Tomyum campur isi udang, sotong, daging ayam, dan jamur.

Fried Crab with Thai Chili and Black Pepper  Kepitingnya digoreng gitu. Sedap! Tadinya kirain harganya 75 bath doang, rupanya 200 bath (Rp. 77.000,-) cyiiin..

Telor dadar aja enak dan lebar banget. Tapi mahal sih menurut kami. 60bath (Rp.23.000,-). Gila gak sih harganya.
Kenyang, balik hotel, tidur. Zzzzz

Hari berikutnya (26/6/2016) kami check out dari hotel pukul 10 pagi dan nitip koper di lobi sama resepsionis. Tujuan kami hari ini adalah Kim Yong Market yang konon katanya shopping center yang menjual barang-barang impor dari Indonesia dan Malaysia. Harganya memang lumayan mahal. Pasar Baru Bandung jauh lebih murah, guys. Masa kemeja biasa aja harganya sampe Rp. 250.000,- kalau di konvert ke kurs kita. Tetiba jadi rindu pengen ke Bandung lagi. Di Kim Yong Market banyak yang jual oleh-oleh khas Thailand (sotong kering), buah-buahan, pakaian, tas dan sepatu. Kosmetik juga ada.
Oleh-oleh khas Thailand. Kacang-kacangan dan sotong kering. Ada juga coklat produksi Malaysia.
Kemana-mana ya kerjaannya selfie gini.
Udah puas liat-liat doang (memang gak niat belanja), kami pun cari warung makan. Niatnya order nasi putih aja 2 porsi trus makan dengan Tomyum yang dibungkus semalam. Search-search di google maps dan puter-puter nyari warung makan halal tapi gak ketemu-ketemu, akhirnya give up. Balik lagi ke restoran semalam even tau harganya mahils. Kali ini order nasi putih dan telur dadar doang.

Lagi asik makan, eh hujan lagi. Padahal niatnya pengen main ke Hat Yai Municipal Park dan ke Central Festival. Waktunya mepet banget sebenarnya. Motor harus dibalikin jam 4 sore. Karna hujan makin lebat, kami cuma bisa nongkrong di Central Plaza dan Lee Gardens Plaza. Yah, namanya nya juga eMall pasti barang yang dijual adalah barang-barang branded dan mahils. Lee Gardens Plaza lumayan bersahabat harganya. Saya beli satu dompet (soalnya udah bertahun-tahun gak pernah pake dompet) seharga Rp. 120.000,-. Terpaksa korbanin jatah jajan bulan ini demi dompet yang udah klik di hati.

Pengennya pinjem tuh payung pajangan di Central Plaza. Terus bisa ngojek payung. Mayan, pas banget lagi hujan.

Banyak barang jajaan lesehan di Lee Garden Plaza
 Pas udah agak reda hujannya, kami pun keluar dari tempat berteduh kami dan jalan-jalan diseputaran Lee Gardens Plaza. Didi pengen minum Sta***cks, tapi saya nya gak ijinin. Produk ini saya boikot. ^_^. Karna kesian liat Didi kehausan, saya jajanin deh es teh susu Cha Phayom. Doi terpaksa minum ikhlas gak ikhlas.

Suruh doi duduk depan cafe Sta***cks walau minumnya es teh susu doang. At least dapat aura suasananya. hehehehe
Jadi intinya hari itu tuh gak sempat ke Hat Yai Municipal Park dan Central Festival. Jam 4 sore kami harus ngembaliin motor dan saya harus balik ke Phattalung. Saya naik ojek ke stasiun van dan saya ambil last van ke Pa Payom jam 4.30. Sedangkan Didi jadwal bus nya jam 6 sore. Kami berpisah depan Lee Gardens Plaza. Sampai ketemu lagi kesayangan. Jangan kapok main ke Thailand ya..

So guys, rekomendasi buat kamu yang mau wisata ke Hat Yai, baiknya sewa motor aja. Lebih hemat dan kamu bebas kemana aja. ^_^

Thank you for reading and dropping by.. Tunggu cerita selanjutnya ya.. :D