Selasa, 26 Juli 2016

Mak Cun: Serial Komedi Melayu Sarat Makna



Lawak. Mungkin itu satu kata yang sesuai mendeskripsikan serial komedi melayu yang dibintangi oleh Erma Fatima sebagai Mak Cun. Memang lawak tapi sarat makna. Film Mak Cun ini dikemas sangat lucu mengikuti realiti kehidupan kita sehari-hari.

Sebenarnya saya sudah lama nonton Mak Cun Pi Spain (Spain UOLSS) yang dirilis tahun 2014 lalu. Film ini menceritakan Mak Cun yang baru saja memenangkan uang 10.000 Ringgit sebagai usahawan baru yang memproduksi bedak sejuk (red_bedak dingin) dari Kodiang Kedah, Malaysia ingin pergi ke Spanyol untuk menyambut hari raya bersama anaknya, Aton (Nora Danish). Mak Cun yang notabene orang kampung yang tidak bisa berbahasa Inggris pun nekad pergi Spanyol tanpa memberi tahu anaknya. Ingin membuat surprise katanya. Sebelum berangkat, Mak Cun belajar beberapa kata Bahasa Inggris dari Pak Akob (Datok Rahim Razali) sebagai bekal komunikasi.

Sesampai di Spanyol ternyata Mak Cun menjatuhkan kertas bertuliskan alamat Aton. Padahal sebelum berangkat, anak sulungnya, Atol (Balkisyh Samundur Khan) telah mewanti-wanti agar alamat itu jangan sampai hilang. Apa yang terjadi dengan mak Cun selanjutnya?? Silakan download dan nonton sendiri aksinya. Kalian pasti akan tertawa terpingkal-pingkal.

Setelah sukses dengan Mak Cun Pi Spain, serial Mak Cun Season 1 pun dirilis. Tidak kalah menarik dengan Mak Cun Pi Spain, Mak Cun Season 1 pun dijamin akan mengocok perut kita. Watak Mak Cun yang degil (red_keras kepala) akan membuat kita gemas. Terlebih saat Mak Cun marah-marah karena digoda oleh Pak Akob membuat kita tidak berhenti tertawa.

Kemudian pada tahun 2015 Mak Cun tampil lagi dengan judul Mak Cun Pi Bangkok (Sawadeeka Mak Cun). Sedikit sharing, saat menonton Sawadeeka Mak Cun, saya tertawa sampai sesak nafas. Film ini persis menggambarkan gimana saya berkomunikasi dengan orang Thailand saat pertama kali sampai di sini. Penasaran dengan ceritanya, ya download aja. Rekomendid buat kamu yang suka komedi.

Lagi-lagi film Mak Cun menuai sukses. Kemudian serial Mak Cun Season 2 ditayangkan lagi di TV3 Malaysia. Masih dengan pelakon yang sama dan tambahan beberapa pelakon baru yang hadir. Dalam serial Mak Cun Season 2, Mak Cun masih bertahan dan terus mengembangkan perniagaan bedak sejuknya setelah berhasil menembus pasar Bangkok. Jatuh bangun Mak Cun membangun bisnis bedak sejuknya. Beberapa kali ditipu dan selalu difitnah oleh orang-orang sekitar membuat Mak Cun tak gentar.

Baru-baru ini, Hari Raya Idul Fitri 2016 ini, Mak Cun Pi New York pun hadir dilayar kaca. Film ini menceritakan Mak Cun pergi ke New York atas permintaan Aton. Aton mengabari Mak nya bahwa dia akan dilamar dan menikah di New York. Mak Cun pun datang karena marah dan mengira anaknya akan menikah dengan om puteh (red_orang putih/orang barat). Mak Cun bersikeras anaknya harus menikah dengan orang melayu. Acting Mak Cun saat berusaha berkomunikasi dengan Bahasa Inggris  dalam film ini memang kelakar.

Terlepas dari alur ceritanya, ada banyak pelajaran yang kita bisa petik dari film dan serial Mak Cun ini.

1. Film ini masih sarat nilai agama. Dimana sisi islami dari kehidupan masyarakat banyak ditonjolkan dan ditekankan.

2. Bagaimana perjuangan seorang pengusaha yang baru terjun didunia bisnis digambarkan secara detail dalam film ini. Mak Cun yang mati-matian mengembangkan bisnisnya, jatuh kemudian bangun lagi, jatuh lagi dan bangkit lagi, menjadi satu pelajaran bermakna yang dapat kita ambil. 

3. Semangat untuk bangkit lagi dari kegagalan dalam berbisnis adalah salah satu pesan yang ditekankan dalam film ini.

4. Seorang yang bisa dikatakan sukses baik dalam bisnis maupun dalam bidang lain pasti akan ada saja haters yang menuding dan memfitnah.

5. Masyarakat yang bergunjing dan menjelek-jelekkan orang lain juga digambarkan dalam film ini. Ini bisa menjadi refleksi bagi diri kita agar menjauhi bergosip.

6. Sifat saling tolong menolong sesama yang ditampilkan dalam film ini pun bisa menjadi satu pelajaran untuk kita agar terus berbuat baik disekitar kita.

7. Watak Mak Cun yang terus ingin belajar mengembangkan kemampuan diri cukup menjadi tamparan bagi kita yang kadang merasa penat dalam belajar. Mak Cun yang sudah tua saja terus ingin belajar, sedangkan generasi muda sekarang malah kebanyakan mengeluh karena dibebani banyak tugas sekolah.

8. Watak Atun yang suka memarahi Mak Cun juga menjadi pelajaran seharusnya seorang anak tidak berkasar dengan orang tuanya.

9. Watak Mak Cun yang pantang menyerah pun sangat menginspirasi.

10. Kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat kita juga ditampilkan dalam film ini. Sebagian mungkin persis seperti apa yang kita alami.

Sebenarnya banyak lagi pelajaran atau pesan yang disampaikan dalam film ini. Untuk lebih jelasnya, tonton saja sendiri filmnya. Highly recommended. Cukup ampuh untuk mengobati suntuk karena tugas menumpuk atau kerjaan yang mendekati 'garis kematian'.. ^^

Klik disini untuk download Mak Cun Pi Spain (Spain UOLLS)

Klik disini untuk download Mak Cun Season 1

Klik disini untuk download Mak Cun Pi Bangkok (Sawadeeka Mak Cun)

Klik disini untuk download Mak Cun 2 (ketik keyword Mak Cun 2 di kotak pencarian)

Klik disini untuk download Mak Cun Pi New York

Happy watching. Thanks for dropping by. See you soon.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar